Kebangkitan Interface Design di Indonesia

| | Rabu, 23 November 2011

kebangkitan_interface_design_indonesia

Judul di atas adalah sebuah harapan. Mengingat perkembangan dunia Teknologi Informasi di Indonesia yang sudah lumayan pesat, saya rasa sudah saatnya interface design (dalam web, mobile, apps etc) mempunyai peran yang lebih lagi di banding tahun-tahun sebelumnya.

Interface sebagai Ujung Tombak

Kalau kita perhatikan, belakangan ini sudah sangat sering start-up lokal bermunculan (silakan cek DailySocial.net). Layanan yang di tawarkan juga semakin beragam, fungsi-fungsi yang sangat menarik dan bahkan membantu kegiatan kita sehari-hari, baik itu dalam hal lifestyle, informasi dan produktifitas.

Namun sayangnya sebagian besar masih berkutat pada fungsi. Secara desain dan interface masih banyak yang kurang. Hal ini sangat saya sayangkan, karena interface ini sebenarnya ujung tombak dari produk start-up itu sendiri. Interface akan langsung berhadapan dengan pengguna. Ibarat pesulap yang membius penonton dengan penampilan, gerakan tangan dan kata-kata, sementara sang asisten (code, development, fungsi)  menyiapkan trik di belakang.

Fungsi dan manfaat boleh jadi killer, tapi kalau dari cara menampilkannya saja tidak menarik atau yang paling parah, membingungkan, maka jangan heran kalau start-up ini tidak berjalan lama.

Function is King. Interface is Queen.

Keduanya harus saling mendukung satu sama lain. Jika salah satu peran itu tidak terpenuhi maka produk tidak akan maksimal. Apakah kita mau menghasilkan produk yang setengah-setengah?

Panggilan untuk Seluruh Desainer di Indonesia

Menurut pengamatan saya, saat ini jumlah desainer lokal yang fokus di interface design masih sangat sedikit. Jumlahnya tidak sebanding dengan developer (front & back end) yang lebih mudah di temukan, dan tentunya mereka ini kualitasnya sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Untuk mempermudah para start-up (klien potensial) mendapatkan interface designer yang baik, saya harap teman-teman yang spesialisasinya di bidang interface design bisa berkomentar di bawah dan memberikan link ke portfolio masing-masing. Semoga dengan begini peran interface design di Indonesia bisa lebih di tingkatkan.

Dan yang paling penting, we’re making the web a better & beautiful place. Are you in?

 

Ditulis oleh Richard Fang

Sumber Jurusgrafis.com

0 komentar:

Posting Komentar